Beton Ready Mix

Pengertian Beton Ready Mix Concrete

Pengertian Beton Ready Mix Concrete

Pengertian Beton Ready Mix Concrete

Pengertian Beton Ready Mix Concrete, Beton Ready Mix Concrete adalah beton cor siap pakai yang dibuat secara tersistem dengan takaran bermutu tinggi oleh tim ahli. Tim ahli peramu ready mix concrete secara profesional memixing (mencampur) beton agar menghasilkan beton ready mix yang bermutu tinggi.

Pembuatan beton ready mix concrete dilakukan di lokasi pengadukan atau batching plant. Mengenai Batching plant sendiri telah kami uraikan pada halaman postingan tentang Batching Plant, kami uraikan secara menyeluruh termasuk lokasi-lokasinya.

Dari pencampuran atau mixing beton tersebut dapat menghasilkan beton siap pakai untuk kebutuhan berbagai macam proyek pengecoran.

Material Beton

Beton dibuat dengan semen, air, agregat halus (pasir), agregat kasar (batu kerikil) ditambah dengan admixtures, dan beberapa bahan lainnya.

Bahan-bahan yang proporsional yang telah direkayasa agar menghasilkan beton berkekuatan tinggi dan memiliki daya tahan tertentu, sehingga sangat cocok untuk tujuan pekerjaan yang diinginkan.

Hal ini dapat diproduksi dalam bentuk precast/preacetak atau beton ready mix, yang didistribusikan dengan menggunakan armada truk mixer atau truk molen.

Ada beberapa produsen terkemuka di Indonesia yang beroperasi dalam mixing (pencampuran) beton ready mix tersebut antara lain Jayamix, Pionirbeton, adhimix, Tiga Roda, Holcim dan lain-lain.

Kelasifikasi Mutu Beton

Pengelompokan ini berdasarkan instansi dan peraturan yang ada, pengelompokan beton pada dasarnya berkembang dari waktu ke waktu, disesuaikan dengan kebutuhan di tiap negara atau instansi yang berkepentingan.

Di Indonesia pada umumnya pengelompokan dan peraturan beton mengikuti standar yang berlaku di Amerika Serikat (ACI).

Pada umumnya pengelompokan beton terbagi atas beberapa kategori :

  • Berdasar kuat tekan karakteristik (PBI 1971 N.I.-2 )

    Dari benda uji kubus (15 cm x 15 cm x 15 cm)

  • Berdasar berat satuan (SNI 03-2847-2002)

    – Beton ringan : berat satuan < 1.900 kg/m³
    – Beton normal : berat satuan 2.200 kg/m³ – 2.500 kg/m³
    – Beton berat : berat satuan > 2.500 kg/m³

    SNI tidak menggolongkan beton berat, namun pada umumnya beton dengan berat satuan di atas 2.500 kg/m³ dikategorikan beton berat, walaupun ada yang menerapkan nilai 3.200 kg/m³ sebagai batas bawah beton berat

    Beton yang berat satuannya berada di antara kategori di atas pada umumnya tidak efektif perbandingan berat sendiri dan kekuatannya, walaupun tidak ada larangan untuk membuat beton dengan berat satuan di antara 1.900 kg/m³ – 2.200 kg/m³

  • Berdasarkan kuat tekan (SNI 03-6468-2000, ACI 318, ACI 363R-92)

    Dari benda uji silinder (dia. 15 cm, tinggi 30 cm)

    – Beton mutu rendah (low strength concrete) : fc’ < 20 MPa
    – Beton mutu sedang (medium strength concrete) : fc’ = 21 MPa – 40 MPa
    – Beton mutu tinggi (high strength concrete) : fc’ > 41 MPa

  • Berdasar Pembuatan

    Dari cara pembuatannya, beton pada umumnya dikelompokkan :

    – Beton cast in-situ, yaitu beton yang dicor di tempat, dengan cetakan atau acuan yang dipasang di lokasi elemen struktur pada bangunan atau gedung atau infrastruktur.
    – Beton precast, yaitu beton yang dicor di lokasi pabrikasi khusus, dan kemudian diangkut dan dirangkai untuk dipasang di lokasi elemen struktur pada bangunan atau gedung atau infrastruktur

  • Berdasarkan Departemen PU (Puslitbang Prasarana Transportasi,  Divisi 7 – 2005)
    Berdasarkan Departemen PU
  • Berdasarkan Lingkungan

    Beton di lingkungan khusus pada umumnya dikelompokkan berdasarkan kondisi yang mengancam ketahanan konstruksi beton bertulang :

    – Beton di lingkungan korosif, karena pengaruh sulfat, klorida, garam alkali, dsb
    – Beton di lingkungan basah non korosif
    – Beton di lingkungan yang terpapar cuaca
    – Beton di lingkungan yang terlindung dari cuaca

    Pada umumnya diperlukan perlakuan, bahan atau persyaratan desain dan pelaksanaan yang khusus untuk lingkungan yang berpotensi mengancam ketahanan atau keawetan konstruksi.

  • Berdasarkan Tegangan Pra-Layan

    – Beton konvensional, adalah beton normal yang tidak mengalami tegangan pra layan
    – Beton pre-stressed, adalah beton yang diberikan tegangan pra-layan pada saat pembuatannya, dengan sistem pre-stressing
    – Beton post- tensioned, adalah beton yang diberikan tegangan pra-layan pada saat pembuatannya, dengan sistem post-tensioning
    – Pemberian tegangan pra-layan pada umumnya dirancang untuk memberikan gaya berlawanan dengan gaya layan, sehingga pada saat konstruksi beton bertulang tersebut memikul beban, secara praktis mengurangi beban kerja.
    Beton jenis atau kelompok ini harus didesain, dilaksanakan dan diawasi oleh Konsultan dan Kontraktor Spesialis yang berpengalaman

Catatan:

Pengelompokan ini bersumber dari blog pengelompokan beton yang kami kembangkan untuk memudahkan pembaca dalam memahami lebih dalam mengenai beton

Definisi tentang Pengertian Beton Ready Mix Concrete ini kami rangkum dari berbagai sumber baik informasi yang ada di intenet maupun dari buku bacaan tetang teknologi beton

Uraian tentang pengertian beton ready mix concrete ini menjadi salah satu pengetahuan dasar bagi mereka yang belum mengetahui secara detail mengenai ready mix.

Penunjang Ready Mix

Dalam pelaksanaan pengecoran atau pendistribusian beton cor pada titik proyek, maka diperlukan beberapa alat kebutuhan yang menyangkut beton ready mixantara lain pompa beton, trowel, bondek dan concrete vibrator.

Supplier Beton Ready Mix Concrete

Dalam media pemasaran ini, kami adalah CV. Dafa Aliet Mix supplier beton ready mix yang sudah bertahun-tahun berpengelaman dalam pendistribusian berbagai macam mutu beton siap pakai.

Hadir untuk memberikan kemudahan bagi anda yang sedang mencari beton ready mix, harga beton cor yang kami tawarkan semuanya negotiable.

Konsultasikan kepada kami mengenai kebutuhan pengecoran anda, tim marketing ready mix kami dengan profesional akan memberikan penjelasan yang detil.

Harga yang kami informasikan merupakan daftar harga ready mix 2017 sebagai harga terbaru yang dapat jadi acuan informasi harga beton ready mix.

Kami menyediakan dua harga ready mix dengan dua jenis antara lain Harga Beton Ready Mix dengan Campuran Fly Ash dan harga lainnya yaitu Harga Ready Mix non Fly Ash

Penawaran Lainnya

Kami juga menyediakan jasa rental pompa beton, anda dapat meninjau pada halaman harga sewa pompa beton, semua harga nego

Demikian uraian mengenai Pengertian Beton Ready Mix Concrete yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat dan bagi anda yang order dari kami semoga menjadi partner yang dapat bekerja sama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *