Arsitektur

10 Daftar Jembatan-Jembatan Panjang di Indonesia

10 Daftar Jembatan-Jembatan Panjang di Indonesia

Daftar Jembatan-Jembatan Panjang di Indonesia

Indonesia merupakan negara besar dengan begitu banyak pulau. Demi mempermudah akses ke segala wilayah, keberadaan jembatan sangatlah dibutuhkan. Adanya jembatan, memungkinkan kita untuk melakukan penyeberangan. Tidak hanya penyeberangan antar desa ataupun kota, ada pula jembatan yang didesain khusus untuk menyeberangi pulau.

Pembuatan jembatan sudah barang tentu membutuhkan material pilihan dan dibawah pengawasan yang ketat, penggunaan secara umum antara lain aspal, besi dan juga beton cor ready mix.

Contohnya yaitu penggunaan ready mix sudah barang tentu harus memenuhi sarat dalam membuat formulasi yang tepat, sedikit kami ungkap bila anda membutuhkan material ready mix dapat dilihat pada daftar harga ready mix.

Dalam membangun suatu jembatan tidaklah mudah, dibutuhkan biaya yang tinggi sekaligus beragam pertimbangan dari segi ekonomis maupun keamanannya. Di Indonesia sendiri ada beberapa jembatan yang cukup populer karena memiliki ukuran panjang yang tidak biasa.

Jembatan-Jembatan Panjang di Indonesia

Berikut ini merupakan jembatan tepanjang di Indonesia yang juga dijadikan sebagai lokasi berwisata.

  1. Jembatan Nasional Suramadu

Jembatan nasional Suramadu merupakan jembatan yang melintasi Selat Madura. Jembatan ini menghubungkan Surabaya serta pulau Madura di Bangkalan. Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian yakni jembatan penghubung, jalan layang serta jembatan utama. Jembatan Suramadu memiliki panjang 5.438 m dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

Jembatan Suramadu dibangun dengan tujuan untuk mempercepat terjadinya pembangunan infrastruktur serta ekonomi di Madura. Biaya pembuatan jembatan sendiri mencapai 4,5 triliun rupiah.

  1. Jembatan Siak

Riau  merupakan salah satu provinsi penghasil minyak terbesar di Indonesia. Riau memiliki banyak wilayah yang dibatasi oleh sungai, sehingga membutuhkan jembatan demi mempermudah aksesnya. Salah satu jembatan yang cukup populer di Riau adalah jembatan Siak. Jembatan ini dikenal juga dengan nama jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Jembatan Siak menghubungan kabupaten Siak dengan daerah lain di sekitarnya seperti Benteng Hulu, Siak Raya dan lain-lain.

Biaya pembangunan jembatan Siak yang memiliki panjang 1.196 meter dengan lebar mencapai 16.95 meter ini bersumber dari APBD kabupaten Siak. Jembatan Siak diremikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007.

  1. Jembatan pasupati

Jembatan Pasupati terletak di Jawa Barat atau tepatnya di kota Bandung. Jembatan ini memiliki panjang mencapai 2.147 meter dengan lebar 21.53 meter. Jembatan Pasupati merupakan jembatan layang terpanjang kedua di Indonesia setelah Suramadu. Jembatan Pasupati merupakan jembatan layang pertama di indonesia yang menggunakan teknologi anti gempa.

  1. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih terletak di kota Ambon Provinsi Maluku. Jembatan ini terbentang diatas teluk Dalam Pulau Ambon. Jembatan merah putih diresmikan pada tahun 2016 dan memakan waktu sekitar 5 tahun untuk pembangunan.  Jembatan merah putih sempat mengalami penundaan pembangunan akibat gempa bumi yang terjadi  di kota Ambon pada desember 2015 yang lalu.

  1. Jembatan Barito

Jembatan-jembatan terpanjang di Indonesia yang selanjutnya, bisa ditemukan di kota Banjirmasin provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan Barito memiliki panjang 1.082 meter dengan lebar 10.37 meter. Jembatan Barito diresmikan pada tahun 1997 dan terbentang di atas Sungai Barito. Jembatan Barito tercatat sebagai jembatan Gantung terpanjang dalam rekor Muri. Sebelum jembatan Barito dibangun, penduduk harus menggunakan boat atau kapal bermotor saat ingin pergi ke Banjarmasin atau sebaliknya.

  1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera  memiliki panjang mencapai 1,117 meter dengan lebar 22 meter. Jembatan Ampera terletak di Sumatera Selatan yakni di kota Palembang. Jembatan yang membentang luas di atas sungai Musi ini diresmikan pada tahun 1965. Jembatan Ampera sendiri awalnya bernama jembatan Bung Karno, meski demikian namanya diganti ketika terjadi pergolakan politik kala itu.

  1. Jembatan Rumpiang

Jembatan Rumpiang berada di kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang 753 meter dan diresmikan pada tahun 2008. Jembatan Rumpiang terbentang di atas sungai Barito. Jembatan Rumpiang menghabiskan dana mencapai 174,5 Miliar. Adapun dana pembangunan bersumber dari dana APBN kabupaten Barito serta dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

  1. Jembatan Mahakam Ulu

Jembatan terpanjang selanjutnya adalah Jembatan Mahakam Ulu yang terletak di kota Samarinda provinsi Kalimantan Timur. Jembatan ini memiliki panjang 789 meter dengan lebar 11 meter. Jembatan Mahakam Ulu dibangun di atas Sungai Mahakam dan diresmikan pada tahun 2009. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersamaan dengan peresmian sejumlah proyek lainnya di Kalimantan Timur. Jembatan Mahakam Ulu memiliki ciri khas berupa bentang lingkar baja yang dibuat pada jembatannya.

  1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang yang memiliki nama resmi jembatan Tengku Fisabililah ini memiliki panjang 642 meter. Jembatan Barelang terletak di kepulauan Riau kota Batam. Jembatan Barelang sendiri cukup populer bahkan melebihi landmark dari kota Batam sendiri. Nama Balerang diambil dari nama kota yang dihubungkan oleh jembatan yaitu Batam, Rempang dan Galang. Jembatan Barelang dibangun dengan melibatkan ratusan insinyur dari Indonesia.

  1. Jembatan Kutai Kartanegara

Jembatan Kutai Kartanegara atau Mahakam II merupakan jembatan yang terletak di Kota Kutai Kartanegara provinsi Kalimantan Timur. Jembatan yang memiliki panjang 710 meter ini diresmikan pada tahun 2001. Keunikan dari jembatan ini adalah adanya Jam Bentong yaitu sebuah tugu yang lengkap dengan taman-taman asri yang terdapat didekat jembatan.

Jembatan tidak hanya berfungsi sebagai lalu lintas penghubung antara satu tempat dengan tempat yang lain melainkan juga sebagai solusi untuk mengatasi macet seperti halnya jembatan layang. Selain itu jembatan dapat pula digunakan sebagai area wisata karena memiliki keunikan tersendiri.

Demikian informasi mengenai beberapa jembatan-jembatan terpanjang di Indonesia, seiring berjalannya masa tidak pembangunan akan terus berjalan dan tidak menutup kemungkinan makin bertambah lagi jembatan-jembatan yang akan dibangun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.