Coating Lantai dengan Trowel Hardener Dan Epoxy

Coating Lantai dengan Trowel Hardener Dan Epoxy
Februari 19, 2018 CV. Dafa Aliet Mix
In Beton Ready Mix
Coating Lantai dengan Trowel Hardener Dan Epoxy

Keuntungan Coating Lantai dengan Trowel Hardener Dan Epoxy 

Untuk mengoptimalkan unsur estetika pada lantai, maka tak jarang digunakan metode khusus untuk membuatnya tampil lebih sempurna. Salah satunya ialah pengerjaan trowel hardener dan epoxy yang cukup mudah dan hemat biaya.

Dari segi pengerjaannya, trowel hardener dan epoxy   cukup mudah diaplikasikan bagi yang professional di bidangnya dan tak memakan waktu cukup lama. Meskipun, penyelesaiannya harus dilakukan secara bertahap hingga akan nampak hasil performance lantai terbaik.

Proses ini dimulai dengan proses pengecoran terbaik, pemerataan, hingga penaburan floor hardener pada beton yang telah rata. Baru kemudian masuk pada proses penghalusan memakai mesin trowel. Jika dilaksanakan sesuai prosedur yang benar, maka akan diperoleh hasil yang terbaik, lantai yang awet, dan juga memiliki unsur estetika yang tinggi.

Komponen dalam floor hardener trowel hardener dan epoxy  

Saat mengaplikasikan trowel hardener dan epoxy pada lantai, maka perlu mempertimbangkan dua komponen utama yang mendukungnya,  meliputi: takaran bubuk floor hardener atau jumlah cat yang akan digunakan yang disesuaikan dengan luas lantai. Komponen kedua ialah rentang waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan.

Untuk komponen yang pertama, perlu mempertimbangkan fungsi dari lantai itu sendiri.  Semakin sering lantai dimanfaatkan untuk lalu lintas, maka jumlah bubuk hardener yang dibutuhkan secara otomatis akan bertambah besar. Hal ini tak luput dari tujuannya sendiri yakni agar lapisan beton lantai lebih awet dan tahan lama.

Lihat juga informasi mengenai penawaran dari kami: harga ready mix

Dapat digambarkan dengan singkat tentang jumlah atau takaran (jika floor hardener dalam bentuk bubuk) berdasarkan fungsi lantai untuk berlalu lintas:

  • Untuk lantai yang jarang digunakan untuk berlalu lintas, maka perkiraan floor hardener yang dipakai ialah sekitar 3 kg permeter.
  • Untuk lantai yang cukup sering digunakan untuk berlalu lintas, maka perkiraan floor hardener yang dipakai ialah sekitar 5 kg permeter.
  • Untuk lantai yang sering digunakan untuk berlalu lintas, maka perkiraan floor hardener yang dipakai ialah sekitar 7 kg permeter.

Setelah mengetahui perkiraan bahan yang dibutuhkan, maka estimasi biaya akan lebih mudah disimpulkan pada awal pembuatan rancangan.

Trowel hardener dan epoxy untuk coating lantai terbaik

Dalam dunia konstruksi, metode trowel hardener dan epoxy merupakan salah satu metode coating lantai terbaik. Dalam metode ini, yang digunakan ialah cat yang memiliki keunggulan  berupa hasil lantai yang kuat, tahan akan bahan kimia, tahan terhadap abrasi serta tahan gesekan yang bisa merusak permukaan lantai.

Baca juga informasi beton di laman harga beton cor tiga roda

Cat untuk trowel hardener dan epoxy sendiri memang khusus dibuat untuk melapisi substrat konkret, seperti semen  baik untuk aplikasi tembok maupun lantai. Maka dari itu, salah satu faktor keberhasilan proses coating ini ialah pada kondisi substrat yang akan dicat. Jika permukaan tidak halus dan merata,  maka hasilnya tidak akan maksimal dari sisi kekuatan  maupun keindahannya. Kondisi tersebut dikarenakan, trowel hardener dan epoxy tidak akan melekat sempurna pada lantai.

Persiapan permukaan lantai untuk penerapan trowel hardener dan epoxy  

  • Melakukan pengujian permukaan lantai
    Permukaan lantai yang akan diterapkan trowel hardener dan epoxy haruslah bersih dari semua material yang mengganggu, baik material kering maupun material cair berupa minyak, oli, dan juga kotoran pada umumnya.
  • Memastikan kebersihan pada beton cor
    Metode trowel hardener dan epoxy harus diterapkan pada beton atau konkrete yang bersih. Salah satu cara mengetahuinya ialah dengan cara metoda water drop. Selain itu, untuk beton terbaik sebelum dilapisi dengan trowel hardener dan epoxy haruslah kering pada suhu normal (sekitar 28 hari).
  • Pembersihan konkrete dan perbaikannya
    Sebelum dilakukan  aplikasi coating lantai dengan trowel hardener dan epoxy, perlu dilakukan langkah pembersihan terhadap lantai. Jika sebelumnya lantai tersebut sudah memiliki lapisan cat, maka kerok terlebih dahulu lapisan cat tersebut hingga mengelupas. Jika permukaan lantai mengalami kerusakan hingga terdapat retak atau permukaan tidak merata, maka retakan tersebut perlu diisi atau ditambal terlebih dahulu. Baru kemudian, metode coating bisa diterapkan.

Anda Perlu info untuk ready mix ? lihat pada halaman harga Jayamik

Dan untuk beton siap pakai dalam karung lihat harga beton instan

Keunggulan coating lantai dengan trowel hardener dan epoxy  

Coating lantai dengan trowel hardener dan epoxy bukan semata-mata bertujuan untuk memperkuat lantai, namun memiliki banyak keunggulan lainnnya. Beberapa diantaranya:

  • Mampu menutupi pori-pori beton hingga tertutup sempurna. Hal ini membuat debu dan kotoran tidak mampu masuk ke dalamnya. Jika kotoran atau cairan tumpah ke lantai yang sudah dilapisi dengan metode trowel hardener dan epoxy maka akan mudah dibersihkan tanpa meninggalkan bekas pada lantai.
  • Tidak terlihat sambungan pada beton atau permukaan lantai hingga kotoran berupa debu maupun cairan tidak akan bisa masuk.
  • Permukaan lantai memiliki daya tahan terhadap bahan kimia yang bisa saja jatuh di permukaannya.
  • Terdapat beragam pilihan warna yang bisa diaplikasikan dengan metode coating trowel hardener dan epoxy hingga bisa menonjolkan  segi estetikanya.

Coating dengan trowel hardener dan epoxy memang menjadi solusi untuk menampilkan lantai terbaik, yang kuat, indah, dan tahan lama. Penggunaan metode ini banyak diterapkan untuk coating lantai di bangunan-bangunan publik, tempat parkir, pabrik, perkantoran,  dan bangunan lain pada umumnya. Bahkan, bisa juga digunakan untuk coating pada dinding.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.