Instalasi Genteng Kontemporer Spandek Untuk Bangunan Modern

Instalasi Genteng Kontemporer Spandek Untuk Bangunan Modern
Februari 24, 2018 CV. Dafa Aliet Mix
In Material Bangunan
Instalasi Genteng Kontemporer Spandek Untuk Bangunan Modern

Spandek Untuk Bangunan Modern

Seiring dengan perkembangan jaman, kini makin banyak jenis dan tipe material untuk konstruksi. Salah satunya adalah pada material genteng. Selain genteng beton dan juga metal, kini atap rumah berupa spandek makin  populer penggunaannya dan makin dikenal masyarakat.

Jenis atap rumah spandek memiliki ciri yang unik dari jenis atap lainnya. Bentuk yang paling banyak ditemui adalah trapesium yang performance nya terlihat kuat dan berani, dengan bentuk fisik bergelombang. Penampilannya ini memberi kesan modern hingga cocok untuk diaplikasikan pada rumah maupun bangunan kontemporer saat ini.

Baca juga penawaran Menarik untuk jenis-jenis pengecoran

Harga Jayamix

Harga Readymix

Harga Beton Cor Tiga Roda

Instalasi atap rumah spandek

Spandek termasuk kedalam baja ringan yang diaplikasikan sebagai atap rumah maupun bangunan lain. Pemasangan atap spandek pada rumah atau bangunan pada umumnya dibantu oleh pemakaian sekrup yang bisa dipasang, baik dibagian puncak atau lembah dari spandek yang bentuknya bergelombang.

Penggunaan atap spandek ini juga bisa diaplikasikan sebagai kanopi yang eye cathing dan memberikan kesan mewah. Pemilihan material ini membantu menjawab kebutuhan masyarakat saat atap rumah yang dipasang mengalami kerusakan akibat cuaca, berkarat, dan juga terlihat kotor.

Untuk cara pemasangan atap baja ringan spandek sendiri, ada beberapa langkah utama yang bisa dijadikan pedoman, yaitu:

  • Menentukan desai kuda-kuda atap dengan memperhatikan: beban atap dan kemiringan atap. Adanya desain kuda-kuda yang benar secara strukturnya ini akan menentukan kemudahan dan kesuksesan instalasi atap.
    Maka, langkah pertama ini harus dilakukan dengan penuh ketelitian dan perhitungan. Baru setelah desain sudah jadi, pemasangan kuda-kuda bisa dilakukan. Langkah ini mengikuti rancangan struktur yang ada sebelumnya.
  • Pemasangan reng pada struktur atap. Untuk jarak reng yang dipakai disesuaikan dengan jenis penutup atap, jadi bisa fleksibel menyesuaikan bentuknya.
    Untuk spandek dengan lembaran yang cukup lebar, maka jarak antar reng bisa menyesuaikan  agar penambatan atap spandek bisa rapi, dan terpasang benar hingga meminimalisir terjadinya kebocoran air hujan.
  • Pemasangan rabung, flashing, serta nok pinggir yang perlu dilakukan dengan tingkat ketelitian tinggi agar atap terlihat lebih rapi, indah dengan nilai estetika yang tinggi. Tentukan pula arah talang yang bisa mengarahkan air untuk mengalir hingga sampai tanah.

Keuntungan memakai atap spandek

  • Rangka baja anti karat
    Penggunaan baja ringan sebagai rangka atap bukan hanya membuat penampilan atap nampak gagah dan kokoh, namun juga memberi keuntungan tersendiri, yakni tidak mudah berkarat. Material yang digunakan ialah jenis baja ringan yang tahan lama dan memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban.
  • Lebih ringan
    Meskipun dibuat dari baja ringan, namun atap spandek memilki berat yang ringan hingga lebih mudah untuk dipasang, baik sebagai atap bangunan maupun sebagai kanop irumah.
  • Tahan api
    Bukan hanya tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim, atap spandek ini juga salah satu jenis atap yang tahan terhadap api dan bisa berumur panjang serta tidak mudah rusak.

Jenis baja untuk atap spandek

Ada berbagai macam baja ringan yang bisa  digunakan sebagai atap rumah. Khusus untuk jenis atap spandek, jenis baja ringan yang dipakai ialah zincalume. Baja tersebut merupakan plat baja dengan komposisi 55% alumunium, 43,5% terdiri dari seng atau zink, sedangkan 1,5% bagiannya ialah silicon.

Ada pula jenis baja jenis clean colorbone yang memilki warna cukup menarik yang bahan dasarnya ialah zincalume. Dengan bahan bermutu tinggi inilah yang membuat atap rumah spandek   tahan akan karat hingga lebih awet dan tahan lama.

Instalasi atap spandek juga bisa menonjolkan keindahan dari sebuah rumah dengan pilihan berbagai warna yang menarik dan beragam. Untuk ketebalannya sendiri cukup bervariasi, mulai dari 0,3 hingga 0,5 mm dengan standar panjang 6 hingga 7 meter. Jenis baja ini juga termusuk pada baja bertegangan tarik tinggi dan memiliki ketahanan 4 kali lebih tinggi dibanding baja biasa.

Penggunaan atap spandek

Produksi atap spandek ini memiliki banyak tujuan penggunaan, seperti untuk atap:

  • Pabrik
  • Rumah
  • Apartment
  • Gudang
  • Garasi
  • Teras
  • Kanopi
  • Dan bangunan lainnya

Selain sebagai atap bangunan di atas, jenis baja ringan spandek ini juga dipakai sebagai floor deck  atau sebagai lantai dasar cor beton. Dengan penggunaan spandek ini, tidak lagi diperlukan adanya multiplek untuk keperluan bekisting. Instalasinya juga bisa mengurangi penggunaan material kayu pada konstruksi lantai.

Jenis atap spandek sendiri hanya satu diantara jenis atap lain yang merupakan hasil inovasi teknologi dimana orang jaman sekarang memilih material untuk rumah atau bangunan bukan hanya berdasarkan fungsinya, namun juga memikirkan beberapa hal:

  • Kepraktisan
  • Kemudahan memasang
  • Penampilan
  • Bahan yang berkualitas
  • Warna yang menarik
  • Desain yang modern dan elegan
  • Menunjukkan kepribadian pemik bangunan

Maka tidak heran kalau genteng berkalitas bagus dari baja ringan banyak dipilih meski dari sisi harga, lebih mahal dibanding dengan jenis genteng lainnya. Namun nampaknya beberapa faktor diatas menjadi faktor penentu pemilihan atap rumah ataupun material lainnya,  dibanding dengan memikirkan faktor harga.

Namun bagi yang memiliki budget terbatas untuk pelaksanaan konstruksi, maka membandingkan harga satu jenis genteng dengan lainnya merupakan langkah bijak. Hal ini akan turut pula berpengaruh pada proses konstruksi agar sukses berjalan tanpa ada hambatan penundaan akibat kekurangan dana.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.