Material Bangunan

Jenis-Jenis Batu Alam Untuk Hiasan Rumah

Mengenal Batu Alam Sebagai Penghias Rumah

Batu alam menjadi salah satu material yang banyak digunakan sebagai bahan bangunan. Batu alam dapat digunakan untuk mempercantik desain interior ataupun eksterior dalam perumahan. Penggunaan batu alam sendiri tidak hanya mampu mempercantik namun juga menimbulkan kesan alami yang menawan.

Salahsatu kegunaan batu yang paling dekat dengan konstruksi yaitu untuk campuran beton, baik itu campuran beton konvensional maupun untuk kebutuhan beton readymix, tentunya akan berbeda dengan batu hiasan.

Anda perlu ngecor? lihat penawaran harga

Batu alam bisa diterapkan pada pembuatan lantai, kolam, pagar, jalan atau sekedar penghias ruangan. Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan serta fungsi dari batu yang akan anda gunakan.

Batu Alam untuk Mendekor Rumah

Batu alam bisa digunakan sebagai pijakan jalan menuju pintu atau bisa pula ditempelkan pada dinding rumah. Penempelan batu alam pada dinding mampu menampilkan kesan menawan serta alami dari dinding rumah.

Tertarik menggunakan batu alam sebagai pelengkap rumah? Anda bisa mencoba ragam batu yang berikut ini.

  1. Batu Andesit
    Jenis batu alam yang pertama adalah batu andesit. Jenis batuan ini telah dikenal secara meluas bahkan dari zaman kolonial dahulu. Batu Andesit biasanya diterapkan pada pembuatan pagar, dinding, saluran irigasi serta pembuatan jembatan. Batu andesit banyak disukai karena tahan terhadap cuaca dan tidak mudah berlumut.
    Batu Andesit cocok digunakan sebagai bahan baku interior juga eksterior dari rumah minimalis. Keunggulan dari batu Andesit adalah sifatnya yang lebih keras dari jenis batu yang lain. Batu Andesit berasal dari gunung berapi dan telah lama digunakan sebagai bahan pembuatan bangunan.

  1. Batu Palimanan
    Batu Palimanan terbentuk melalui proses sedimentasi dari butiran-butiran pasir. Batu Palimanan berasal dari kecamatan Palimanan di daerah Cirebon. Batu ini cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pagar, taman, pilar, dinding, lantai batu dan lain-lain.  Harga batu Palimanan sendiri cukup bervariasi tergantung pada jenis, ukuran serta motif dari batu itu sendiri.

    Palimanan

  1. Batu Templek
    Batu Templek merupakan batu alam yang cukup menarik untuk diterapkan pada hunian. Keunikan dari batu Templek adalah proses pemasangannya yang dilakukan secara acak pada bangunan.  Batu templek tahan terhadap cuaca panas, hujan serta lumut yang menganggu. Tidak heran jika batu ini awet dan tidak murah kotor ataupun rusak saat digunakan.

  1. Batu Paras Jogja
    Batu alam yang selanjutnya adalah Batu Paras Jogja. Batu Paras Jogja memiliki warna putih dengan kontur yang menarik. Batu Paras Jogja sering digunakan untuk mempercantik tampilan dari suatu  bangunan. Jenis batu ini memiliki sifat yang lunak sehingga disukai oleh para pemahat patung.

  1. Batu Candi
    Batu Candi umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan patung. Batu Candi banyak ditemukan di Pulau Bali. Jenis batu ini sangat tahan terhadap perubahan cuaca sehingga bagus digunakan untuk memperindah eksterior rumah. Kelemahan dari batu Candi adalah porinya yang besar sehingga membuat air dapat meresap dengan mudah. Batu Candi terbentuk dari lava gunung berapi yang mengeras. Jenis batu ini bagus digunakan untuk pembuatan taman, dinding kamar mandi, kolam serta pagar.

  1. Batu Koral Sikat
    Batu Koral Sikat memiliki bentuk yang cukup beragam mulai dari bulat, lonjong hingga tak beraturan. Batu ini banyak dipilih sebagai bahan pemercantik lantai garasi serta taman. Batu koral sikat juga banyak diminati karena harganya yang terjangkau. Batu ini memiliki banyak corak warna sehingga dapat dipiih sesuai selera. Uniknya lagi batu koral sikal berguna juga sebagai alat kesehatan. Jenis batu ini dapat digunakan sebagai alat pijat refleksi kaki dengan cara membuat permukaan lantai koral sikat menonjol-nonjol.

Mempercantik Hunian dengan Batu Alam

Penggunaan batu alam memang mampu memperindah tampilan pada suatu rumah. Meski demikian, jangan langsung melakukan pembelian melainkan dengan menentukan terlebih dahulu bentuk batu alam yang cocok digunakan. Kini telah banyak batu alam yang sengaja dibentuk agar dapat disesuaikan dengan kondisi serta desain rumah hunian.

Mempercantik rumah dengan batu alam juga harus anda pikirkan warna yang sesuai. Ada banyak batu alam yang terdiri dari corak serta warna yang berbeda-beda. Dalam hal ini anda dapat menyesuaikan warna batu dengan warna rumah supaya menimbulkan keserasian.  Dengan demikan hunian anda akan terlihat lebih menawan dan tentunya makin sedap untuk dipandang.

Membeli batu alam tentu membutuhkan budget yang cukup besar. Batu alam sendiri bukan hanya sulit ditemukan namun juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Tidak heran jika jenis batu ini dihargai lebih mahal dari jenis batu biasa.

Selain memikirkan bentuk serta warna, anda juga harus memperhatikan jenis batu yang akan anda beli. Sesuaikan dengan budget serta tingkat kecocokan batu dengan rumah. Jangan sampai desain rumah yang anda huni tidak sesuai dengan jenis batu yang akan anda beli.

Batu alam memiliki banyak kegunaan dimana salah satunya di bidang pembangunan atau kontruksi. Hal penting yang harus anda perhatikan sebelum melakukan pembelian adalah untuk mengetahui jenis serta fungsi dari batu terkait.

Selain ditempel di dinding atau dijadikan pijakan menuju pintu, batu alam bisa pula dijadikan sebagai penghias rumah berupa patung dan monumen.  Anda bisa menyewa jasa ahli untuk membuat patung atau monumen yang anda inginkan atau bisa pula membeli patung yang telah jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *