Memahami Fungsi dan Tujuan Beton Decking

Memahami Fungsi dan Tujuan Beton Decking
Juli 18, 2019 CV. Dafa Aliet Mix
In Arsitektur
Memahami Fungsi dan Tujuan Beton Decking

Description : beton decking sebagai bagian penting dalam konstruksi dengan pilihan bentuk dan ketebalan yang berbeda-beda guna menunjang fungsi dari konstruksi yang dimiliki.

Beton decking adalah salah satu bagian penting dalam sebuah konstruksi. Istilah lainnya adalah tahu beton yang dibuat dengan bentuk silinder maupun kubus. Komponen ini memiliki tebal yang beragam yang disesuaikan dengan selimut beton yang dikehendaki. Untuk pengerjaannya maka dibutuhkan pula kawat bendrat yang diisikan guna mengikatkan decking ke tulangan yang akan dicor nantinya.

Fungsi Beton Decking

Beton decking memiliki fungsi yang krusial yaitu guna memastikan bahwa jarak antara pembesian dan selimut beton sudah sesuai dengan perencanaan awal. Tanpa adanya beton decking, maka posisi besinya turun bahkan telalu rapat dengan kulit luar selimut beton. Hal ini bisa membuat besi yang mengembang membuat selimut beton retak dan membahayakan hasil proyek konstruksi.

Tahu beton ini sengaja dibuat guna menjaga agar tulangan suatu konstruksi terletak sesuai dengan aturan syarat penulangan pada beton precast. Dengan demikian, maka kekuatan akan maksimal dan tulangan terlindungi dari korosi ataupun karat.

Mengenal Produk Beton Decking

Berbagai produk tahu beton kini sudah tersedia. Salah satunya adalah precast atau pracetak. Maksudnya, beton decking dibuat dengan cetakan di pabrik. Alhasil, produknya terjamin kualitasnya serta ukuran yang dikehendaki bisa akurat.

Hal ini guna menjadi solusi bagi pembuatan beton dekcing yang relatif lama. Belum lagi dibutuhkan tenaga kerja yang ahli dalam pembuatannya. Maka dari itulah beton decking pracetak sering menjadi solusi bagi banyak kontraktor maupun pemilik proyek.

Kualitasnya pun beragam. Ada produk beton dekcing dengan kekuatan mencapai 40 Mpa. Dengan kekuatan ini maka beto tidak mudah pecah dan bisa bertahan lama. Keuntungan lain dari pemilihan produk ini adalah : lebih hemat tenaga kerja, waktu dan juga lebih efisien.

Baca juga: Harga Beton Cor

Sebagai alternatif, selain beton, produk lain yang bisa dipakai adalah dari kayu, potongan bata maupun potongan dari koral. Meskipun bisa digunakan, namun bahan-bahan tersebut kurang direkomendasikan karena akan mempercepat rusaknya sistem pembesian dalam beton.

Bahan Pembuatan Beton Tahu/ Beton Decking

Beton tahu ini dibuat dengan campuran antara beton atau spesi. Pembuatannya bertujuan guna menghasilkan lapisan selimut bagi beton sesuai perencanaan dan kebutuhan suatu proyek konstruksi.

Anda perlu mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan selimut beton. Istilah ini menggambarkan jarak terluar beton dengan sisi terluar bahan. Ketebalannya berbeda tergantung pada kondisi iklim dimana kosntruksi dilakukan.

Pada cuaca yang ekstrim atau pada tingkat asam atau garam yang tinggi maka ketebalannya pun menyesuaikan. Hal ini berbeda jika cuaca pada konstruksi relatif normal. Ketebalan selimut ini akan membuat beton terlindungi dari kontaminasi lingkungan luar yang bisa mempengaruhi ketahanannya.

Produk yang merupakan produk pracetak ini bisa didapatkan dengan ketebalan berbeda. Penentuannya tergantung kebutuhan dan kondisi cuaca dimana konstruksi dilakukan. Selain melindungi dari lingkungan maupun cuaca ekstrim, fungsi lainnya adalah untuk memaksimalkan kekuatan dari beton serta besi tulangan.

Baca juga: Harga Ready Mix

Inilah mengapa, suatu konstruksi perlu mempertimbangkan pengadaan beton decking. Bentuknya bisa berupa kotak maupun silinder. Ada bendrat kawat yang diisikan di tengah. Bagi kontraktor, maka hal ini bukanlah hal yang asing lagi. Namun bagi pemilik proyek, hal ini perlu dipelajari ebih lanjut agar proyek yang dijalankan bisa maksimal.

Tepat dalam menentukan komponen beton decking bisa menunjang kualitas banguann dan ketahanannya. Mulailah dengan memilih kontraktor yang tepat. barulah tentukan kebutuhan beton decking untuk proyek Anda.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.