Mengenal Bondek sebagai Pengganti Tulangan Tarik  Konstruksi

Mengenal Bondek sebagai Pengganti Tulangan Tarik  Konstruksi
Februari 22, 2018 CV. Dafa Aliet Mix
In Material Bangunan
Mengenal Bondek sebagai Pengganti Tulangan Tarik  Konstruksi

Mengenal Bondek

Saat ini, perkembangan teknologi dan inovasi terus terjadi, salah satunya dalam pemilihan metode dan juga material untuk plat lantai. Bondek menjadi salah satu yang sudah banyak digunakan untuk keperluan tersebut.

Plat lantai sendiri merupakan salah satu elemen structural horizontal yang sangat dipengaruhi oleh bentang dan beban yang bekerja padanya. Maka tak heran jika struktur atau tulangan yang diplih haruslah yang berkualitas terbaik agar bangunan kokoh dan tahan lama.

Selain informasi bondek kami memberikan informasi penawaran yang berhubungan dengan pengecoran antara lain

Harga Jayamix

Harga Readymix

Harga Beton Cor Tiga Roda

Hasil penggunaan bondek untuk plat lantai ini ialah kaku, rata, waterpas, dan juga lurus hingga memenuhi unsur ideal lantai yang ideal. Penulangan dalam plat lantai ini dipilih dengan bahan terbaik untuk tujuan bisa menahan beban-beban gravitasi serta sebagai penahan beban lentur untuk menyebarkan gaya-gaya gempa yang kemungkinan bisa terjadi.

Bondek adalah bahan bangunan terbuat dari baja ringan atau zincalume berfungsi sebagai pelapis bawah beton cor pada media lantai beton, bondek secara umum digunakan sebagai penganti bekisting dari kayu atau triplek.

Mengenal bondek untuk struktur konstruksi

Bondek adalah jenis baja galvanis yang memiliki kelebihan dibanding jenis baja lainnya. salah satunya ialah memiliki daya tahan yang cukup tinggi sehingga bisa difungsikan sebagai konstruksi plat beton.

Lebih spesifik, fungsi bondek bisa sebagai penyangga permanen dan penulangan. Ketebalan standar nya ialah 0,75 hingga 1 mm dengan lebar setidaknya 60cm. Panjang bondek sendiri disesuaikan dengan permintaan dan keperluan dari sebuah konstruksi.

Sebagai pengganti tulangan konstruksi yang harus menyokong kekuatan sebuah bangunan, maka bondek yang digunakan haruslah memiliki spesifikasi standar, diantaranya adalah:

  • Bahan dasar                       : baja lapis jenis galvanis
  • Tegangan leleh baja        : 5.500 kg/cm persegi
  • Proses pembuatan          : hot in galvanized
  • Tebal baja                           : 0,75-1,00 mm
  • Kekuatan tarik                   :550 MPa
  • Lebar efektif                      : 1000mm
  • Ketinggian gelombang   : 50mm hingga 55mm
  • Panjang baja                      : 12meter  (maksimal)

Keuntungan menggunakan bondek bagi struktur konstruksi

Penggunaan bondek memberikan banyak keuntungan dalam konstruksi hingga bisa memudahkan pelaksanaan kerja di lapangan, seperti:

  • Hemat dalam penggunaan formwork serta beton cor dalam konstruksi. Dalam hal ini, bondek difungsikan sebagai lantai kerja sementara dan tulangan positif struktur.
  • Dari segi waktu pemasangan konstruksi juga bisa lebih cepat dan bisa menghemat pemakaian tiang-tiang penyangga untuk konstruksi bangunan.
Teknik pemasangan bondek pada stuktur
  • Teknik perkotak
    Pemasangan bondek pada teknik ini disesuaikan dengan ruang atau perkotak karena pengecoran lantai dilakukan dengan mengecor balok utama. Pemasangan bondek ini cukup rumit hingga butuh waktu yang cukup lama untuk aplikasinya.
  • Teknik pemasangan bondek di atas balok utama
    Pada teknik ini, sebelum bondek dipasang, semua balok utama maupun balokan anak sudah dicor. Setelah itu, barulah bondek dan wire mesh dipasang di atasnya.

Dengan cara demikian, maka pemasangannya lebih cepat dari teknik perkotak/ruangan.

Kelebihan dan kekurangan plat bondek pada struktur konstruksi

Seperti hanya jenis baja dan juga plat lainnya, bondek juga memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Berikut ini kelebihan bondek untuk penggunaan struktur:

  • Untuk profil plat lantai
    Bondek memiliki bentuk gelombang nan kokoh dengan embossment pada setiap sisi rusuknya. Spesifikasinya ini memberikan sifat monolit yang baik diantara plat lantai dengan beton hingga menyumbangkan kapasitas yang besar guna mendukung beban-beban kerja.
  • Kemudahan pemindahan
    Panjang maksimum bondek ialah 12 meter. Bisa dipesan dengan panjang  tertentu sesuai kebutuhan. Hal ini memudahkan bondek untuk diangkut dan diikirim ke lokasi konstruksi dengan cara mudah dan ringkas.
  • Mudah pemasangan
    Pemasangan plat lantai cukup mudah dan cepat dengan kemampuannya menutupi 2 sampai 3 bentang hingga pengerjaan cukup singkat. Selain itu, pengerjaan bondek juga bisa menghemat tiang-tiang penyangga atau perancah.
  • Sebagai tiang penyangga sementara
    Keberadaan bondek sebagai tiang penyangga sementara ini diperlukan untuk menghilangkan adanya lendutan panel plat lantai saat beton cor belum kering sempurna. Setelah beton berumur 7 hingga 14 hari, barulah tiang penyangga bisa dilepas.
  • Tahan terhadap api
    Ketahanan terhadap api pada plat lantai bisa mencapai dua jam dengan integritas yang baik.

Baca juga mengenai coating lantai

Selain memiliki berbagai kelebihan, bondek juga memiliki kekurangan layaknya material bangunan fabrikasi lain yang tak sempurna. Beberapa diantaranya:

  • Tidak dapat diaplikasikan pada tepi gedung sebagai plat lantai kantilever
  • Dalam pemasangannya perlu teknik pengaturan yang baik untuk mengurangi sisa material yang terbuang
  • Harga bondek tidak stabil karena tergantung pada perkembangan baja. Jika memperhitungkan dari segi biaya, maka sebelum memilih bondek, bisa dibandingkan dulu dengan material lain seperti bekisting fly wood.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa bondek cukup efisien dari segi penghematan waktu dan kemudahan dalam pemasangannya. Di lain sisi, material ini juga bisa menjadi salah satu  pengembangan dari metode tulangan pada konstruksi yang lebih efisien dari bekisting.

baca juga penawaran harga beton Holcim

Pemilihan jens plat lantai mana yang terbaik bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan lama deadline kerja yang diperlukan. Kalau melihat dari berbagai sisi, maka tidak bisa dikatakan bahwa metode dan material yang satu lebih baik dari yang lain. Semuanya tergantung dari kondisi masing-masing konstruksi, baik dari segi budgeting, jumlah pekerja, peralatan yang ada, rancangan yang diinginkan, sampai ketersediaan material yang memungkinkan transportasinya untuk dikirim ke lokasi konstruksi.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.