Mengintip 5 Proyek Tol Indonesia 2017 Dan 2018

Mengintip 5 Proyek Tol Indonesia 2017 Dan 2018
Juni 1, 2018 CV. Dafa Aliet Mix
In Arsitektur
Mengintip 5 Proyek Tol Indonesia 2017 Dan 2018

Proyek-Proyek Tol di Indonesia

Transportasi adalah salah satu sendi penggerak perekonomian bangsa. Maka, pada tahun 2017 hingga 2018 ini, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan dalam bidang ini dengan melakukan kosntruksi jalan tol di banyak daerah di Indonesia, utamanya di wilayah Jawa.

Pengerjaan proyek tol Indonesia 2017 dan 2018 yang beberapa diantaranya masih dilaksanakan pengerjaannya. Proyek ini dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR). Setidaknya ada 6 jalan tol baru yang akan dicicipi rakyat manfaatnya sesegera mungkin. Diharapkan semuanya bisa beproperasi pada tahun 2018 ini dan memberikan kontribusi yang lebih besar pada pembangunan Indonesia dalam berbagai bidang.

Daftar 5 Proyek Tol Indonesia 2017 dan 2018

Materi mengenai proyek ini dibuat sekedar untuk menunjang pada media informasi web ini sebagai supplier beton cor ready mix, berikut sebagai tambahan informasi akan harga ready mix yang kami jual disini

Semua penwaran beton cor yang kami utarakan dalam web ini sudah barang tentu dapat menunjang pada proyek yang sedang berjalan terutama pada wilayah pemasaran kami untuk Jabodetabek dan sekitarnya yaitu Jawa Barat

Lihat Harga penawaran harga beton Jayamix

Selanjutnya berikut kami intip beberapa proyek di Indonesia yang sedang dan akan berjalan di tahun 2017 hingga 2018, semua sumber di dapat dari media online, dalam hal ini juga kami hanya membahas 5 saja yang sebenarnya masih banyak proyek-proyek lain yang sedang berjalan.

  1. Pejagan-Pemalang Seksi II dan IV

Di pulau Jawa, ada beberapa proyek jalan tol yang dilakukan dari tahun 2017 dan 2018. Salah satunya adalah Pejagan-Pemalang. Kali ini giliran seksi III dan IV yang dibangun karena seksi lainnya sudah mulai beroperasi dengan panjang tol mencapai 20 KM, yaitu mencakup jalur Pejagan hingga Brebes Timur.

Untuk seksi III dan IV ini, maka diperkirakan akan menghasilkan jalan tol dengan panjang 38 kilometer dengan pemegang konsesi adalah PT Waskita Toll Road. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari PT Waskita Karya Tbk yang sudah banyak menghandle  proyek-proyek besar di Indonesia.

Pembanguanan ini, diperkirakan akan selesai pada pertengahan tahun 2018  dan diharapkan mampu menjadi akses mudik lebaran yang lancar dan bermanfaat bagi masyarakat.

  1. Tol Pemalang-batang

Proyek tol Indonesia 2017 dan 2018 selanjutnya adalah tol untuk jalur lintas Pemalang-Batang. Diperkirakan, jaur tol ini akan mencapai panjang 39,2 kilometer. Pada bulan Juli, pembangunan direncanakan akan rampung dan bisa dipakai oleh masyarakat.

Pembangunan difokuskan pada dua seksi ruas tol. Seksi pertama yaitu Pemalang-Pekalongan yang akan memiliki panjang hingag 23,3 kilomter. Sedangkan seksi yang kedua adalah lintas Pekalongan-Batang yang mencapai panjang 15,0 kilometer.

Diharapkan, jalan Tol Pemalang-Batang sudah ada sebagian yang rampung hingga bisa selesai sebelum lebaran dan bisa dipakai untuk jalur mudik yang merupakan jalur trans Jawa. Untuk tujuan ini, maka akan difasilitasi dengan beberapa tempat istirahat artau rest area dibeberapa tempat.

Pemegang proyek ini adalah PT. Pemalang-Batang Tol Road dimana pemegang sahamnya sendiri daalah PT Waskita Toll Road sebesar 60%. Sisanya adalah dari PT Sumber Mitra Jaya sebesar 405.

  1. Jalan tol Batang-Semarang

Masih di Pulau Jawa, pembangunan jalan tol di selenggarakan pula di sepanjang jalur 75 km Batang-Semarang.

Secara rinci, proyek ini meliputi pembangunan beberapa seksi. Seksi I yaitu Batang-Tulis dengan panjang tol 3,20 kilometer.

Seksi 2 adalah sepanjang Tulis-Weleri yaitu dengan panjang 36,35 kilometer. Seksei3 adalah di jalur Weleri-Kendal dengan panjang tol mencapai 11,05 kilometer. Seksi 4 adalah mencakup jalur Kendal-Kaliwungu dengan panjang tol mencapai 13,50 kilometer.  Yang terakhir seksi 5, yaitu melewati jalur Kaliwungu-Krapyak dengan panjang tol 10,10 kilometer.

Untuk melaksanakan proyek ini, maka diserahkan pada PT. Jasa Marga Semarang Batang, merupakan anak dari PT jasa Marga Tbk. Proyek ini adalah bagian dari jaringan tol trans Jawa yang merupakan proyek besar di tahun  2017-2018.

Pembanguanan jalan tol ini telah rampung dan bisa dipakai untuk jalur mudik lebaran tahun ini. Pada pembangunan proyek tol Indonesia 2017 dan 2018 ini akan dibangun pula jemabatan Kalikuto yang bakal jadi ikon jalan tol Batang Semarang. Jembatan ini memiliki panjang 100 meter dengan 6 jalur. Dipinggir jembatan, terdapat tali penyangga  dari kawat besar yang memperkokoh jembatan.

  1. Jalan tol Semarang-Solo Seksi IV dan V

Proyek ini merupakan salah satu proyek tol Indonesia 2017 dan 2018 yang cukup besar. Ruas tol ini rencananya akan mencapai panjang 72,64 kilometer dengan 5 seksi yang akan dibangun.

Dua seksi baru akan bisa beroperasi di tahun 2018 yaitu jalan tol Salatiga-Boyolali dengan panjang 22,4 kilometer dan Boyolali-Kartasura dengan panjang jalan tol 11,1 kilometer.

Sementara seksi lain sudah selesai pembangunannya di tahun 2017 lalu.

Untuk pembangunan proyek besar ini, maka PT. Trans Marga Jateng sebagai anak usaha dari PT Jasa Marga Tbk dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah  dipercaya sebagai pemegang konsesi untuk jalan tol ini.

  1. Jalan tol Solo-Ngawi

Jalan tol Solo Ngawi adalah proyek tol Indonesia 2017 dan 2018 yang mencakup  panjang jalan tol 90,10 kilometer. Pembagunan ini dirancang ke dalam 4 seksi di bawah tanggung jawab pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol atau disbeut juga BUJT yaitu PT Solo Ngawi Jaya (SNJ).

Jalur Solo Ngawi sebelumnya hanya berupa jalur fungsional, dan dengan adanya proyek pembangunan jalan tol, jalur ini akan menjadi jalan tol yang akan menajdi akses lebih mudah untuk menuju Solo-Ngawi.

Seksi 1 pembangunan jalan tol ini dari Colomadu hingga Karanganyar dengan panjang jalan tol 20,9 kilometer. Sedangkan panjang jalan tol dari Karanganyar sampai Ngawi akan mencapai panjang 69,35 kilometer.

Demikianlah 5 proyek tol Indonesia 2017 dan 2018 yang harusnya bisa selesai di tahun ini. Diharapkan, pembangunan tol bisa rampung sesuai target dan memberi manfaat yang lebih besar kepada masyarakat, utamanya dalam kemudahan akses lalu lintas.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.