Spesifikasi Lengkap Beton Precast untuk Lantai

Spesifikasi Lengkap Beton Precast untuk Lantai
Juli 6, 2018 CV. Dafa Aliet Mix
Spesifikasi Lengkap Beton Precast untuk Lantai

Beton Precast untuk Lantai

Dalam proyek konstruksi, pemilihan metode dalam pelaksanaannya sangatlah penting untuk memastikan pelaksanaan proyek sesuai dengan perencanaan, baik itu biaya maupun waktu yang dibutuhkan. Salah satu yang harus dilakukan adalah mencari cara paling efektif falam pelaksanaannya.

Seperi untuk pemasangan lantai sebuah bangunan, saat ini beton precast banyak digunakan dan dipilih sebagai cara paling mudah, murah, dan efektif dalam proyek konstruksi.

Untuk pemakaian beton precast dalam konstruksi, contohnya untuk lantai, maka pemakaiannya bisa memberikan banyak manfaat. pemilihan jenis lantai ini merupakan salah satu inovasi dari perkembangan teknologi dalam konstruksi untuk mencapai kinerja yang lebih baik lagi.

Penjelasan mengeni spesifikasi beton untuk lantai ini bagian dari pelengkap pada penawaran produk kami disini yaitu informasi mengenai harga beton cor yang kami tawarkan dalam web pemasaran ini

Manfaat beton precast untuk lantai

Secara singkat akan dijelaskan manfaat beton precast sehingga menjadi alasan kenapa menjadi salah satu alternatif untuk dipilh dalam proyek konstruksi di Indonesia maupun di dunia.

Beton ini adalah beton pracetak yang dibuat dipabrik dengan pengawasan mutu dan tata laksana pembetonan yang sesuai standart.

Teknologi ini akan memberikan manfaat dalam efektivitas banyak hal, seperti:

  • Waktu yang lebih singkat
  • Biaya dapat ditekan
  • Kualitas selalu terjaga dan konsisten
  • Predictability
  • Keandalan
  • Produktivitas yang besar
  • Ramah lingkungan

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaann untuk produksi beton precast karena mengingat kebutuhan akan jenis beton ini cukup besar. Salah satunya adalah untuk aplikasi lantai bangnan.

Beton Precast

Pemilihan metode ini sangat disarankan karena mampu diselesaikan secepat mungkin hingga bisa mengejar waktu penyelesaian sebuah proyek sesuai dengan deadline yang direncanakan. Maka tak heran banyak kontraktor memilih untuk memakai beton precast sebagai lantai maupun elemen lain dalam sebuah proyek konstruksi.

Spesifikasi Beton Precast

Sebelumnya, perlu Anda tahu terlebih dahulu, apa itu beton precast? Beton yang juga disebut dengan istilah beton pracetak ini merupakan beton yang seluruh elemennya dibuat dan dicetak disuatu tempat atau pabrik. Lokasinya jauh dari proyek konstruksi, lalu diangkut menuju ke situs konstruksi untuk dipasang sesuai dengan desain.

Di pabrik, beton precast diproduksi secara masal dan membantu proyek konstruksi yang cukup besar hingga pencetakan dilakukan secara berulang. Cetakan dari plat baja yang bisa dipakai kurang lebih 80 kali pada setiap cetakannya.

Untuk lantai, beton precast mulai banyak diaplikasikan karena memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis beton konvensional. Beberapa keunggulannya adalah:

  • Pengadaan sangat mudah karena telah diproduksi banyak pabrik beton precast di Indonesia secara massal
  • Pelaksanaan cepat dan bersih
  • Kualitas beton sangat tinggi sehingga cukup kokoh dan kuat

Untuk lebih lengkapnya, dalam pembuatan beton precast, membutuhkan tata pelaksanaan yang tersistem, dimana permintaan akan beton ini untuk lantai maupun untuk kebutuhan konstruksi lainnya diupayakan datang sesuai dengan waktu yang ditentukan sebelumnya. Untuk pelaksanaannya sendiri meliputi beberapa mekanisme, yaitu:

  • Tahapan pengiriman beton precast ke lokasi konstruksi
  • Penurunan beton pracetak ke lokasi proyek
  • Pemasangan beton
  • Penyambungan yang dimungkinkan dengan pengecoran atau pengelasan

Dengan tahapan di atas, maka banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah lama waktu pengiriman beton hingga ke lokasi konstruksi, lalu perencanaan jalan alternatif yang bisa digunakan ketika ada kendala lalu lintas di jalur yang ditentukan. Selain itu, perlu diperhatikan pula tentang alat berat yang dibutuhkan terkait dengan kebutuhan angkut serta daya tampung lokasi proyek untuk menampung beton precast yang dikirimkan.

Lihat juga: Harga Jayamix

Untuk saat ini, penggunaan beton precast untuk lantai memang relatif banyak dijumpai dengan manfaat yang disbeutkan di atas. Dengan beton jenis ini, maka bekisting dan perancah tidak akan digunakan atau sangat berkurang dengan drastis penggunaannya.

Pelat lantai sendiri meurpakan lantai yang letaknya di atas tanah langsung. Maka, sifat dari plat ini haruslah kaku, rata, lurus, dan juga waterpass dengan diberi sedikit kemiringan agar air dapat mengalir.

Beton precast adalah jenis material yang digunakan sebagai plat lantai menggantikan material lainnya, seperti  kayu dan baja. Dibandingkan kedua bahan tersebut, tentunya beton precast memiliki banyak kelebihan baik dari harga dan juga pengadaannya.

Seperti beton precast pada umumnya, bahan yang dipakai ialah dengan pengadukan semen, agregat kasar dan halus, serta air, bisa dilengkapi dengan bahan tambah jika dibutuhkan.

Kelebihan beton precast sebagai plat lantai dapat dilihat di bawah ini:
  • Mampu menahan beban yang cukup besar hingga tak mudah rusak
  • Beton precast adalah salah satu isolasi suara yang baik
  • Memiliki lapiasna kedap air
  • Tahan terhadpa api hingga tak bisa terbakar
  • Mudah skelaidipasnag dalam wkatu yang cepat dantenaga kerja yang sedikit
  • Umur lantai panjang dan tidak butuh perawtaan ketra dan mahal

dulu, pelat lantai banyak  yang dicor di tempat, namun seirng dengan berjlananya wkatu, beton precast banyak dipilih dengan kelebihan-kelebihan di atas menggantikan cara dan metode lama yang konvensional, dengan spesifikasi:

  • Tebal plat lantai minimal 12 cm
  • Diberi tulangan silang dengan diameter setidaknya adalah 8mm terbuat dari baja lunak. Bisa juga dengan baja sedang
  • Semua tlangan tersebut harus terbungkus dengan beton yang tebalnya adalah 1 cm. gunanya adalah untik memebirkan perlindunganpada baja dari kebakarn maupun resiko korosi.

Itulah spesifikasi sekaligus manfaat dari penggunaan beton precast untuk plat lantai yang bisa digunakan dalam proyek konstruksi. Manfaatnya cukup besar hingga bisa menggantikan metode dan material konvensional.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.