Material Bangunan

Spesifikasi Wire Mesh dan Bondek untuk Pengecoran

Spesifikasi Wire Mesh dan Bondek untuk Pengecoran

Spesifikasi Wire Mesh dan Bondek

Dalam kesempatan ini kami coba mengurai mengenai spesifikasi Wire mesh dan bondek untuk pengecoran, sebagai salah satu acuan untuk requirement dalam proyek pengecoran sekala besar maupun kecil.

Pada materi sebelumnya terdapat mengenai cara menghitung kebutuhan pengecoran untuk jalan yang tentunya ada kaitanyya dengan kebutuhan akan sepesifikasi wiremesh bila pengencorannya pada media pengecoran struktural

Wire mesh dan bondek merupakan material yang dipakai untuk keperluan konstruksi khususnya saat pengecoran. Spesifikasi wire mesh dan bondek tentu akan sangat berpengaruh terhadap fungsi nya terhadap konstruksi. Maka tak heran jika sebelum memilih material untuk pengerjaannya, spesifikasinya dilihat terlebih dahulu untuk menentukan material mana yang terbaik untuk pengerjaan konstruksi.

Spesifikasi umum wire mesh dan bondek ialah material pembuatnya yang sama-sama dari metal baja, meskipun jenisnya berbeda. Wire mesh menggunakan tipe baja ringan yang dirakit saling silang, Bentuknya bisa berupa gulungan dengan metal baja berdiamer terkecil.  Sedangkan bondek biasanya banyak ditemui dalam bentuk plat baja steel yang bentuknya bergelombang.

Spesifikasi lain dari kedua material konsturksi tersebut ialah bahannya terbuat dari baja sehingga memiliki ketahanan yang baik terhadap api. Bahan tersebut juga tahan akan korosi dengan dukungan material pengecoran yang baik. Keduanya sama-sama mudah dipasang, lantaran bentuknya yang berupa lembaran sehingga cepat dan mudah diterapkan pada konstruksi.

Penggunaan wiremesh dan bondek

Kelebihan memakai bondek untuk pengecoran

Dari segi waktu pengerjaan, pemakaian bondek saat pengecoran lebih hemat dan efisien dibanding metode konvensional. Sehingga metode pengecoran dengan bondek ini mampu menggantikan metode pengecorancaran lama atau konvensional. Caranya dengan menghilangkan  besi tulangan bagian bawah berupa wire mesh yang kemudian digantikan dengan  bondek.

Baca juga mengenai Konstruksi Plat Lantai Double Wiremesh

Dengan keuntungan diatas, teknologi bondek banyak digunakan untuk pembangunan gedung- gedung besar dan bertingkat, seperti gedung pencakar langit. Untuk rumah maupun ruko pun juga bisa mengaplikasikan bondek dalam konstruksinya namun harus mengeluarkan budget lebih untuk aplikasinya.

Bondek juga digunakan sebgai plat lantai. Keuntungan lain dari pengguaannya ini ialah pemasangan plat lantai lebih rapi dan beton terhindar dari resiko keropos maupun retak. Karena terbuat dari plat baja, maka bondek anti karat dan juga tahan akan api.

Kekurangan memakai bondek untuk pengecoran

Saat memasang bondek, harus diatur sedemikian rupa dengan teliti agar pemasanagan rapi dan meminimalisir bondek yang terbuang.

Kelebihan wire mesh untuk pengecoran

Pengecoran atau over topping biasa dilakukan setelah pemasangan wire mesh selesai dilakukan. Langkah pembesian ini harus dilakukan dengan teliti untuk hasil pengecoran terbaik.  Pemasangan wire mesh ini mampu menampung gaya geser horizontal.

Anda akan memiliki proyek pengecoran dan perlu informasi harga? lihat pada tautan harga Ready Mix

Seperti halnya bondek, wire mesh banyak dipakai untuk plat lantai hingga lebih kuat dan juga mampu menahan beban bangunan, khususnya untuk rumah maupun ruko dua lantai. Perhitunga n wire mesh yang digunakan ialah berdasarkna luas lantai.

Ukuran wire mesh bisa sampai 2,1 m per lembarnya. Hal ini memudahkana untuk dipasang.  Pengerjaan konstruksi juga bisa lebih cepat dan efisien dalam tenaga kerja manusia.

Kelemahan wire mesh untuk pengecoran

Kelemahan wire mesh ialah tidak mampu menunjang kerja konstruksi untuk perkuatan beton kolom maupun balok.  Wire mesh karena bentuknya yang berupa lembaran yang hanya mampu dipakai untuk pengerjaan konstruksi dengan penampang lebar.

Perbandingan penggunaan wire mesh dan bondek dibanding plat konvensional

Pengerjaan proyek konstruksi membutuhkan pekerjaan struktur beton bertulang. Pada tahap kerja ini, kayu diperlukan untuk bekisting guna membentuk dimensi beton. Bekisting ini dipakai sebagai penahan sementara beton bertulang hingga beton kokoh dan kering.

Dengan cara konvensional ini, maka ada beberapa kelemahan yang membuat pekerjaan konstruksi jadi kurang efisien, di antaranya adalah:

  • bahan kayu makin mahal
  • butuh banyak tenaga kerja
  • pengerjaan butuh waktu lama karena harus membuat bekisting dan membongkarnya kembali
  • banyak bahan yang terbuang karena pemakaian berulang cukup terbatas

Penggunaan wire mesh dan juga bondek menjadi alternatif pengerjaan pengecoran yang lebih mudah dan cepat. Peletakan dan penyambungan dilakukan dengan las. Ukuran lebar dan panjang dapat disesuaikan karena bentuknya yang berupa lembaran. Fungsi lembaran-lembaran saat pengecoran beton segar ialah sebagai bekisting menggantikan material bekisting kayu. Pemasangan ini bisa secara permanen hingga tidak perlu bongkar pasang dan menggunakan banyak tenaga.

Fungsi bondek dan wire mesh saat pengecoran:

Berbeda dengan bekisting kayu yang harus bongkar pasang, maka bekisting dengan kedua jenis material baja tersebut bisa lebih mudah. Bondek bisa menjadi bekisting tetap dan juga tulangan satu arah. Dengan demikian, waktu penyelesaian konstruksi bisa lebih cepat.

Pada jenis bondek tertentu, bahkan jenis baja ini bisa dipakai sekaligus sebagai plafon dengan spesfikasi bahan yang sudah lulus uji lentur dan juga uji kebakaran. Jika spesfikasi tersebut terpenuhi, maka baja bondek bisa dipakai untuk proses pengecoran konstruksi yang sangat baik.

Sedangkan aplikasi wire mesh sendiri bisa diterapkan di banyak pekerjaan konstruksi, seperti:

  • lantai untuk gudang, pabrik, tempat parkir, gedung-gedung bertingkat
  • dinding dan penyekat ruangan untuk rumah, ruko, apartmen
  • konstruksi jalan beton
  • konstruksi pondasi atau cakar ayam
  • landasan beton pesawat terbang
  • saluran irigasi dan drainase

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa wire mesh dan bondek merupakan salah satu inovasi teknologi di bidang konstruksi yang berkontribusi positif pada sistem kerja ini. Selain mudahnya bahan tersebut didapat, bondek dan wire mesh mampu memenuhi tuntutan kerja konstruksi yang harus cepat, dan juga efisien baik tenaga kerja maupun budgetnya.

Penawaran menarik untuk jenis beton mini: lihat harga beton minimix

Dengan berbagai fungsi dan spesifikasinya di atas, bukan tidak mungkin bahwa material ini mampu menggantikan kayu dalam proses konstruksi. Dengan demikian, lingkungan dan keberadaan kayu yang makin langka dan mahal dapat terjaga, karena  telah ada bahan alternatif yang dengan banyak keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.